Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop Atau PC


Cara mempercepat performa laptop kini menjadi keharusan untuk mengembalikan performa laptop karena laptop merupakan salah satu perangkat terbaik untuk menunjang berbagai aktivitas. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui perangkat ini, seperti bekerja, mengerjakan pekerjaan rumah, dan mencari hiburan.

Apakah Laptop atau komputer yang anda gunakan sudah terasa lambat? Kalau iya, coba anda ikuti cara berikut untuk mempercepat kinerja laptop atau pc anda.

Laptop atau PC yang lambat sering menghambat pekerjaan sehingga membuat kesal penggunanya. Lantas apa saja sih penyebab komputer atau laptop jadi lambat, biasanya karena adanya program yang berjalan di background, penyimpanan hardisk penuh, kapasitas RAM yang kecil, dan sebagainya.

Namun apapun itu penyebabnya, berikut cara mempercepat kinerja Laptop atau PC anda, cara ini saya coba di windows 10 yaa, untuk pengguna windows 7, 8, dan 11 juga bisa.


1. Menutup Program di System Tray

Biasanya, sebagian besar aplikasi yang berjalan pada windows 10 akan muncul di bagian system tray atau area notifikasi di sudut kanan bawah layar.

Misalkan, Google Drive, OneDrive, Chrome dan program lainnya yang berjalan di background, akan tampil di area notifikasi tersebut, nah sebaiknya tutup program tersebut dengan cara klik kanan pada program dan tekan close atau exit.

2. Uninstall Program yang tidak di perlukan

Membiarkan program yang tidak digunakan menjadi menumpuk adalah salah satu kebiasaan buruk yang membuat ruang penyimpanan menjadi penuh dan  laptop atau pc menjadi lambat.

Sebaiknya hapus aplikasi atau program yang tidak diguanakan dalam waktu lama melalui control panel. Caranya, ketikan control panel di bar pencarian, dan pilih Uninstall a program pada bagian Uninstall.

Lalu, klik kanan pada program yang tidak digunakan dan tekan Uninstall. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai. Lakukan hal yang sama pada program atau aplikasi lainnya.

3. Mematikan Program Startup

Penyebab lain yang membuat laptop atau pc anda lambat karena banyaknya program startup yang berjalan ketika sistem dimulai.

Agar laptop atau komputer tidak menjadi lambat adalah dengan mematikan atau menonaktifkan program startup tersebut. Caranya, klik kanan pada taksbar dan pilih task manager.

Lalu masuk ke bagian startup dibagian atas. Bisa dilihat pada status Disabled atau Enabled, selanjutnya klik kanan pada program yang berstatus enabled dan rubah menjadi disabled.

4. Mengapus Cache

Untuk cara yang ini sebenarnya tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga seperti kebanyakan rekomendasi lain, tapi cukup dengan menggunakan menu fitur Disk Clean up saja.

Caranya, buka File Explorer, lalu klik kanan pada Local Disk C, dan tekan Properties. Selanjutnya, klik Disk Cleanup untuk membersihkan cahce atau file sampah.

5. Hapus File Temp

File jenis ini bisa menghabiskan ruang penyimpanan yang menyebabkan komputer atau laptop menjadi lambat.

Caranya cukup mudah, tekan tombol Windows + R lalu ketikan %temp% dan tekan Enter. Kemudian tekan Ctrl +A dan hapus semua file yang ada disana.


5 Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop atau PC diatas mungkin tidak sepenuhnya mempercepat kinerja Laptop atau PC anda, bisa dilihat spesifikasi Laptop atau PC anda. Rekomendasi dari saya gunakan SSD dan RAM dengan kapasitas yang cukup juga untuk mendukung kinerja Laptop atau PC anda. Terima kasih


Posting Komentar untuk "5 Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop Atau PC"