Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Wifi Lemot dan 9 Cara Mengatasinya

 

abikeil.com
Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels


Sambungan wifi yang lemot sering kali membuat penggunanya jengkel. Browsing menjadi tidak lancar, bermain game terganggu, download jadi gagal, dan bawaannya ingin marah saja.


Apakah Anda juga merasakannya? Kalau iya, Anda harus mengetahui cara mengatasi WiFi lemot. Dengan begitu, Anda tetap bisa berinternet dengan cepat.

Adapun penyebab nya adalah:

  • Adanya penghalang dinding sehingga sinyal WiFi tidak dapat menembus dengan baik,
  • Hal yang utama adalah adanya ganguan pada sinyal Wifi
  • Jarak router yang terlalu jauh dengan perangkat anda
  • Perangkat yang anda gunakan tidak mendukung
  • Pengguna yang mengakses wifi terlalu banyak

Beberapa cara untuk mengatasi wifi lemot :


1.Test Kecepatan Internet

Lakukan pengecekan untuk mengetahui kecepatan dan kestabilan koneksi web yang kita peroleh. Caranya, buka browser dan kunjungi situs https://fast.com atau https://speedtest.cbn.id

2. Pindahkan Router

Pindahkan router lebih dekat dengan perangkat anda, sehingga jaraknya tidak terlalu jauh, karena kemungkinan jarak antara router dan perangkat terlalu jauh sehingga tidak terjangkau oleh sinyal wifi

3. Letakkan Router di Tempat Tinggi

Letakan router ditempat yang lebih tingi serta tidak terhalang benda apapun. karena sinyal tidak dapat menembus bahan konstruksi, maka dengan meletakkan router di tempat yang tinggi dari benda yang bisa menghalangi nya membuat koneksi jadi lebih cepat.

4. Merestart modem

Cobalah untuk merestart modem anda dengan cara mencabut saklar atau menekan tombol power on/off dan tunggu kira-kira 10 sampai 15 menit kemudian hidupkan kembali.

5. Periksa Sistem Komputer / Laptop

Penyebab koneksi yang lemot juga bisa karena sistem komputer atau laptop computer yang kita gunakan tanpa kita sadari sedang melakukan download yang menyedot banyak bandwidth seperti home windows update yang sedang jalan, banyak tab yang terbuka, sinkronisasi statistics lokal komputer dengan layanan cloud dan lain sebagainya.


6. Seting Ulang Perangkat Wifi

Cara mengatasi Wifi lemot berikutnya adalah dengan melakukan beberapa penyesuaian setingan yang terdapat pada Acces Point atau Wifi Router.

7. Pindah ke Tempat yang Sepi

Kalau kamu kebetulan sedang di luar rumah dan menggunakan koneksi  umum, jumlah pengguna bisa berpengaruh pada kuat tidaknya sinyal wifi. Jika memang membutuhkan koneksi web umum, pilihlah location yang sepi. Semakin sepi lokasi yang kamu pilih untuk bisa tersambung ke internet, semakin cepat koneksi kamu.

8. Mengganti Internet Service Provider

Ketika koneksi internet sering down, tidak stabil dan beragam gangguan lainnya yang terus terjadi, maka pindah layanan penyedia jasa web / ISP merupakan langkah terakhir yang bisa kita pertimbangkan.


itu lah beberapa cara mengatasi wifi yang lemot dan penyebabnya semoga informasi tersebut bermanfaat. Terima kasih 👌😀 

Posting Komentar untuk "Penyebab Wifi Lemot dan 9 Cara Mengatasinya"