Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Ramuan Tradisional Obat Asam Lambung


Photo by istockphoto

Sakit Asam Lambung

Penyakit yang bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Karena gejala asam lambung sering kali mirip dengan nyeri dada, sehingga ada yang menduga sebagai serangan jantung atau penyakit jantung koroner.

Walaupun tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung perlu ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi.

Hal ini memicu reaksi tidak menyenangkan yang juga sering membuat Anda merasa perut perih. Pasti tidak ada yang suka kala mengalaminya.

Gejala Penyakit Asam Lambung

Gejala utama dari asam lambung naik adalah rasa seperti terbakar di dada (heartburn), yang bertambah parah setelah makan atau saat berbaring. Gejala ini dapat disertai dengan keluhan gangguan pencernaan lainnya, seperti sering bersendawa, mual dan muntah, serta maag dan sesak napas. Penyakit asam lambung juga dapat menimbulkan keluhan mulut terasa asam.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

Asam lambung naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung. Bila otot ini lemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

Kondisi ini lebih berisiko terjadi pada orang lanjut usia (lansia), orang dengan obesitas, perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, dan wanita hamil.

Walaupun bisa menyerang siapa saja, Anda bisa meminimalisasi risiko naiknya asam lambung dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Namun, untuk Anda yang sudah menderita asam lambung bisa mengonsumsi obat untuk meredakannya. Asal tahu saja, obat asam lambung cukup banyak dijual di apotek dan toko ritel modern. Opsi lainnya, Anda bisa mengonsumsi obat herbal untuk menetralkan kadar asam lambung. Cukup banyak obat herbal yang berkhasiat sebagai obat asam lambung.

1. Daun Kemangi
Sifat menenangkan dari daun kemangi dapat memberi Anda bantuan instan dari asam lambung.Saat muncul fuel pertama, makan beberapa daun kemangi atau rebus 3-4 daun kemangi dalam secangkir air dan biarkan mendidih selama beberapa menit.

Sering-sering juga untuk menghirup daun kemangi. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk keasaman.


2. Adas
Anshul Jaibharat juga menyarankan, Anda bisa minum teh adas setelah makan, untuk mencegah asam lambung. Karena banyak manfaat pencernaan dan adas membantu pencernaan menjadi lancar.

Teh adas juga dianggap sangat berguna untuk membantu gangguan pencernaan dan kembung karena minyak yang ditemukan dalam biji Adas tersebut.

Hal ini disampaikan Shilpa Arora ND, seorang Praktisi Kesehatan, Ahli Gizi dan Pelatih Kesehatan Makrobiotik bersertifikat.


3. Kayu Manis
Bumbu sederhana ini berfungsi sebagai antasid alami untuk asam lambung dan dapat menenangkan perut Anda, dengan meningkatkan pencernaan dan penyerapan.

Untuk bantuannya, minumlah teh kayu manis untuk menyembuhkan infeksi pada saluran cerna. Kayu manis adalah pembangkit nutrisi dan sarat dengan khasiat bermanfaat bagi kesehatan.

4. Buttermilk
Buttermilk mengandung asam laktat yang menetralkan keasaman di lambung. Taburkan sejumput lada hitam atau 1 sendok teh daun ketumbar untuk hasil terbaik.


5. Gula Merah
Gula merah membantu pencernaan dan membuat sistem pencernaan Anda lebih bersifat basa, sehingga mengurangi keasaman lambung.

Isaplah sepotong kecil gula merah setelah makan, dan rasakan manfaatnya. Karena gula merah juga membantu menjaga suhu tubuh normal dan mendinginkan perut selama musim panas atau kemarau.


6.Cengkeh
Cengkeh bersifat karminatif, sehingga mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Tambahkan cengkeh saat memasak makanan seperti kacang merah atau lentil hitam yang cenderung menyebabkan perut kembung.

Anda bahkan bisa makan cengkeh dan kapulaga yang dihancurkan (dicampur dalam jumlah yang sama) untuk mengobati asam lambung dan menghilangkan bau mulut.

7. Biji Jintan
Biji jintan dipercaya sebagai obat tradisional asam lambung. Biji jintan bekerja sebagai penetral asam yang hebat, membantu pencernaan dan meredakan sakit perut.

Hancurkan sedikit biji jintan panggang, aduk ke dalam segelas air atau rendam satu sendok teh biji jintan dalam secangkir air matang dan minum setelah makan.

8. Jahe
Jahe memiliki sifat pencernaan dan anti-inflamasi yang sangat baik.
Untuk membantu menetralkan asam lambung, Anda bisa mengunyah seiris jahe segar atau meminum satu sendok jus jahe dua-tiga kali sehari.

Bisa juga jahe segar yang direndam dalam secangkir air mendidih dan minum setelah hangat.

9. Susu Dingin
Bagi mereka yang tidak toleran terhadap laktosa, susu dapat membantu menstabilkan asam lambung di lambung.

Susu kaya akan kalsium, yang mencegah penumpukan asam di lambung.

"Yang perlu Anda lakukan hanyalah minum segelas susu dingin saat Anda menderita asam lambung," saran Ahli Gizi Anshul Jaibharat.

10. Cuka Sari Apel
Campurkan 1-2 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam secangkir air dan minumlah sekali atau dua kali sehari.

Anda juga bisa minum satu sendok makan cuka sari apel lalu minum segelas air.

11. Air Kelapa
"Saat Anda minum air kelapa, tingkat pH asam tubuh Anda berubah menjadi basa," tambah Dr. Ahuja, dari Rumah Sakit Fortis.

Air kelapa juga membantu menghasilkan lendir di perut Anda, yang melindungi perut dari efek berbahaya dari produksi asam berlebih.

Karena kaya serat, air kelapa juga membantu pencernaan dan mencegah terulangnya asam lambung.


12. Pisang
Pisang mengandung antasida alami yang berfungsi sebagai penyangga terhadap refluks asam.

Buah ini adalah obat tradisional asam lambung yang mudah ditemukan. Makan satu pisang setiap hari untuk mencegah asam lambung yang menyiksa.


13.Mentimun
Mentimun lazim digunakan sebagai pelengkap menu makanan. Mentimun juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan membuat minuman segar. Faktanya, mentimun dipercaya efektif meredakan asam lambung.Untuk mengobati asam lambung, bagian mentimun yang dimanfaatkan adalah buahnya. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengonsumsi dua potong mentimun segar yang sudah dikupas dan dibuang bijinya dua jam sekali.

14. Kunyit
Bagian yang digunakan sebagai obat herbal asam lambung adalah rimpang kunyit. Untuk merasakan manfaatnya, Anda tumbuk kunyit kering sampai menjadi bubuk. Setelah itu Anda seduh 1/2 sendok teh bubuk kunyit dengan air hagat. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kunyit secara berlebihan karena bisa memicu mual, diare, dan alergi pada kulit.


15. Pepaya
Pepaya tenar sebagai buah kaya serat yag berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Namun, siapa sangka bila pepaya juga bermanfaat sebagai obat herbal asam lambung. Pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan meredakan gejala asam lambung seperti panas di bagian perut atas sampai dada (heartburn).

16. Pala
Mengutip dari situs Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), pala bermanfaat sebagai obat natural yang mampu menyembuhkan asam lambung, suara serak, dan menghentikan mual serta muntah. Para penderita asam lambung bisa memanfaatkan biji pala untuk meredakan penyakitnya saat kambuh. Berikut resep racikan biji pala yang efektif meredakan asam lambung. Bahan Biji pala (serbuk) 1 gram Pisang batu (serbuk) 6 gram Air 100 ml Anda seduh biji pala dan pisang batu dengan air hangat. Anda minum seduhan biji pala dengan pisang batu satu kali sehari. Anda bisa meminum ramuan biji pala tersebut selama 30 hari.

17. Temulawak
Mengutip buku berjudul Khasiat & Manfaat Temulawak: Rimpang Penyembuh Aneka Penyakit karya Efi Afifah, temulawak mengandung kurkumin, minyak asiri, pati, selulosa, dan mineral yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat temulawak sebagai tanaman herbal adalah sebagai obat maag. 

Temulawak mengandung selulosa yang membantu proses pencernaan. Tidak hanya itu, temulawak juga mengandung flavanoid dan kurkumin yang berperan menangkap radikal bebas serta melindungi mukosa (dinding) lambung. Berikut bahan dan cara membuat ramuan herbal temulawak untuk obat maag Bahan Temulawak 30 gram Kencur 30 gram Lengkuas 30 gram Adas 1 sendok teh Kapulaga 4 butir Air 600 cc Gula aren secukupnya Anda kupas temulawak, kencur, dan lengkuas sampai bersih. Kemudian, Anda potong rempah-rempah tersebut. Anda rebus semua bahan di dalam air sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 200 cc. Anda saring dan dinginkan air rebusan temulawak tersebut lalu minum.


Perlu diingat, Anda sebaiknya menjalankan pola hidup sehat agar kadar asam lambung terkontrol. 

Posting Komentar untuk "17 Ramuan Tradisional Obat Asam Lambung"